Chelsea Dan Para Pelatihnya

Chelsea Dan Para Pelatihnya – Tim London satu ini didirikan pada tahun 1905 yang bermarkas di kota Fulham. Tim yang memiliki julukan The Blues ini memulai kompetisi tidak begitu mudah. Pada tahun 1904 seseorang bernama H.A.Mears mengambil ahli lapangan Atlektik untuk mengubahnya menjadi lapangan sepabakbola yang sampai sekarang mereka gunakan sebagai lapagan tanding kandang mereka. Lapangan Mereka bernama Stamford Bridge, yang terletak di Fulham. Mears merencanakan pendirian sebuah klub sepakbola baru, dikarenakan tawaran yang diberikan kepada Fulham untuk mengunakan stadion untuk melakukan pertandingan ditolak oleh pihak Fulham.

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Nama Chelsea diambil dari kota kecil yang berdekatan dengan Fulham. Sebelum mengunakan nama Chelsea banyak opsi yang dapat dipilih oleh sang pendiri mendapatkan nama seperti Kensington FC, Stamford Bridge FC dan London FC. Sang pendiri pun merasa ketiga nama tersebut tidaklah begitu menarik hati pengemar sepakbola. Tepatnya pada tanggal 10 maret 1905 disebuah restoran kecil yang kini bernama The Butcher’s Hook Tim kecil ini terbentuk dan untuk pertama kalinya mengikuti Liga sepakbola.

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Pelatih yang pertama membesut Tim London Utara ini adalah seorang pemain timnas Skotlandia yang bernama John Robertson. Dia melatih dan juga merangkap menjadi pemain di usia 28 tahun. Setelah diangkat menjadi pelatih sejumlah pemain berbakat pun di rekut oleh pelatih mudah ini , diantara nya : William “Fatty” Foulke dari Sheffield United yang saat itu berposisi sebagai penjaga gawang, lalu membeli penyerang berkebangsaan Inggris Windridge dan McRoberts dari Small Heath, dan membeli penyerang Manchester City Frank Pearson, untuk menguatkan bagian penyerangan mereka pada saat itu.

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Debut John Robertson pada tanggal 2 september 1905 menghadapai Stockport County. Dalam laga tandang pertamanya pelatih asal Skotlandia mengalami kekalahan dengan skor 0 – 1. Namun dalam laga persahabatan kandang melawan Liverpool, The Blues berhasil menang dengan skor yang cukup meyakinkan 4 – 0. Pada laga debutnya Chelsea mengalami masa promosi dan degradasi. Pencapaian terbaik mereka pada debut ini adalah mencapai Puncak Final Piala FA 1915. Namun pada kali ini Chelsea tidak dapat mengangkat trofi kemenangan lantaran kalah dari klub Sheffield United di Old Trafford.

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Diakhir musim Chelsea harus puas menduduki posisi ke -3 klasemen akhir divisi satu pada tahun 1920. Sejumlah pemain bertalenta baik sudah mereka coba datangkan namun kesuksean belum menghampiri mereka pada masa perang dunia 1 dan perang dunia 2. Pada tahun 1952 tim ini mendatangkan pelatih baru. Pelatih baru ini merupakan mantan penyerang Arsenal dan Inggris bernama Ted Drake. Kedatangan pelatih baru ini merombak semua sistem lama yang di terapkan. Pada masa ini Chelsea mulai melakukan pelatihan dan pembinaan pemain. Rencana dari Drake ini berbuah hasil manis. Pada tahun 1954 – 1955 The Blues berhasil mengakat trofi pertama mereka di divisi satu liga Inggris. (Bandar Judi Bola)

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Pada musim 1955 – 1956 UEFA membuka kompetisi benua biru yang kita kenal hingga saat ini. Ya, Liga Champions, namun induk sepak bola dari Inggris tidak menyetujui kompetisi ini. Alhasil Chelsea pun harus menarik diri dari kompetisi ini. Kesuksesan Ted Drake berlangsung hanya 9 tahun saja. Dimusim 1961 Chelsea mengantikan dirinya dengan Tommy Docherty. Ini adalah pemain kedua Chelsea yang merangkap 2 tugas sebagai pemain dan pelatih.

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Singkat cerita pada tahun 2003 Chelsea berubah menjadi salah satu tim terkaya, karena dibeli dan dimiliki oleh salah satu pengusaha minyak asal Rusia sampai saat ini. Ya, Roman Abramovich adalah orang yang dimaksud. Dibawah kepemilikan pria yang tahun ini berumur 50 tahun Chelsea memiliki banyak gelar dan banyak pelatih yang meninggalkan kursi kepelatihannya akibat tidak dapat memenuhi keinginan dari sang pemilik.

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Berawal dari Jose Mourinho yang melatih Tim biru ini ditahun 2004 – 2007. Di awal kepelatihannya “The Spesial One” julukan dari Jose Mourinho yang berhasil membawa timnya memenangkan Piala Carling ditahun 2005, juara Liga Utama Inggris ditahun 2006 dan pada tahun 2007 kembali memangkan Piala Carling setelah mengalahkan Tim London lainnya yakni Arsenal dengan skor cukup tipis 2-1 dan memenangkan Piala FA di tahun yang sama setelah berhasil mengandaskan perlawanan anak asuh Sir Alex dengan skor 1 – 0 melalui pertandingan Extra Time.

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Nanum Piala yang didapatkan Jose tidak dapat mengubah keinginan dari pemilik klub. Dengan inisiatif sendiri pria Berkebangsaan Portugal ini pun mengundurkan diri dari kursi panas tersebut. Kepergian Mou dari Stamford Bridge tidak membuat sang pemilik bingung untuk mencari pelatih baru. Nama mantan menejer Israel pun muncul di daftar kepelatihan Chelsea. Ya, Avram Grant, dimasa kepelatihanya pria kelahiran 1955 ini tidak banyak mendapat dukungan dari publik Stamford Bridge. Dengan kelihaiannya dia berhasil membawa tim besutan nya pada saat itu meraih ” treble – runner-up ” diajang Piala Carling, Liga Utama Liga Inggris dan Liga Champions.

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Treble – runner up yang didapatkan oleh pria berusia 62 tahun ini dimusim perdana nya tidak begitu disuka oleh pemilik Klub. Dan lagi klub mengeluarkan pernyataan bahwa sudah memecat pria berkebangsaan Israel itu dan mengangkat pelatih asal Negeri “Sambah” menjadi penerusnya. Dikontrak di januari 2009 pria kelahiran 9 November 1948 ini juga tidak dapat memenuhi keinginan dari miliader asal Rusia itu. Sehingga di tahun yang sama tepatnya april 2009 pria yang kini memasuki usia 68 tahun itu diberhentikan.

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Dengan dipecatnya Scolari dari kursi panas itu membuat Chelsea memilih Guus Hiddink untuk menangani Chelsea hingga musim 2008 – 2009. Hanya dijadikan pelatih sementara tidak membuat pria berkebangsaan Belanda ini tidak fokus melatih Chelsea. Keseriusan menjadi pelatih sementara Chelsea dibuktikannya dengan mengangkat trofi Piala FA ke – 5 Chelsea. Setelah masa kepelatihannya berakhir dan tidak mendapat kontrak dia pun meninggalkan kota London, dan di gantikan oleh pelatih anyar AC.Milan Carlo Ancelotti. Diawal musim pelatih asal Italia ini berhasil membawa Chelsea memenangkan gelar Community Shield 2009 setelah berhasil mengalahkan “Setan Merah” melalui babak penalty.

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Pada musim debutnya “Don Carlo” mendapatkan gelar Double Winners. Namun di musim keduanya cerita kurang sedap menghampiri pria kelahiran 10 Juni 1959 dengan kabar pemecetannya, setelah tim besutannya kalah melawan Everton 1 – 0 dipertandingan terakhir musim 2010 – 2011. Pada awal musim 2011- 2012 kursi panas kepelatihan Chelsea pun diisi kembali pria berkebangsaan Portugal. Ya, Villas – Boas adalah sukseksor kesekian bagi Chelsea. Mantan pelatih Porto ini juga tidak memghabiskan kontraknya bersama Chelsea, dia dipecat di bulan maret 2012 dan digantikan oleh Asstiennya Roberto Di Matteo. Dibawah asuhan pria berkebangsaan Swiss ini berhasil membawa tim Roman Abramovich ini memenangkan piala FA ke – 7 mereka dan Piala Champions untuk pertama kalinya.

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Dimusim berikutnya turunnya performa dari Chelsea, membuat Di Matteo harus angkat kaki dari Stamford Bridge, dan di gantikan oleh Benitez. Mantan pelatih Liverpool ini sukses membawa ” The Blues” memenangkan Piala Eropa UEFA musim 2012 – 2013. Karena hanya sebagai pelatih sementara saja, pria berkebangsaan Spanyol ini di akhir musim meninggalkan kursi kepelatihan Chelsea dan di gantikan kembali oleh menejer anyar mereka Jose Mourinho.

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Kembalinya Mou ke Chelsea Klub memberikan kontrak kerja selam 4 musim. Dimusim kedua kepelatihan jidil duanya Mou berhasil membawa Chelsea memenangkan gelar Liga Utama Inggris dan Piala Liga. Namun musim sial dialami kembali oleh mantan pelatih Real Madrid dan Inter Milan tersebut. Mou harus merasakan kembali pemecatan dirinya yang dikeluarkan oleh pihak klub akibat sangat buruknya performa mereka di tahun 2015 – 2016 atau musim ketiga kepelatihannya.

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Dengan pemecatan ini pihak klub menunjuk kembali Guss Hiddink sebagai pelatih sementara mereka hingga pertandingan musim 2015 – 2016 berakhir. Setelah musim berakhir pria berkebangsaan Belanda ini pun kembali meninggalkan kursi kepelatihan nya. Dan diawal Musim 2016 – 2017 Chelsea menunjuk mantan pelatih timnas Italia menjadi suksesor dari Guus Hiddink. Chelsea pun memberikan kontrak 3 musim ke Antonio Conte. Diawal musim kepelatihan nya Conte berhasil membawa Chelsea memenangkan Piala Utama Liga Inggris yang artinya membawa kembali Chelsea kembali ke Liga Champions Musim 2017 – 2018 dan hanya berhasil membawa Chelsea menjadi ranner -up Piala FA.

Nah, begitulah ulasan tentang pelatih Chelsea. Apakah Conte akan bernasib seperti pelatih lain nya? Mari kita ikuti pertandingan Chelsea dimusim depan. <>

Chelsea Dan Para Pelatihnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *